SELAMAT DATANG DI BLOG KELOMPOK KERJA GURU MI ( KKG-MI ) AKIDAH-AHLAK DIWEK JOMBANG JAWA TIMUR TAHUN 2015 e-mail : kkgakidahahlakdiwek@gmail.com
Powered By Blogger

Sabtu, 05 Mei 2012

MALAIKAT,ASAL KEJADIAN,DAN TUGASNYA


Malaikat itu adalah makhluq Allah yang dijadikan daripada cahaya . Mereka pandai bersalin rupa dan dapat memotong perjalanan yang jauh dalam satu detik saja .
Sesungguhnya arti Malaikat adalah yang memiliki pekerjaan tertentu pada masing-masing bagiannya . Dan malaikat ini Tuhan jadikan tidak sedikit jumlahnya , lebih banyak malaikat dari pada manusia .

Coba saja kita bayangkan , tiap-tiap orang ada 2 malaikat yaitu Raqib dan 'Atid yang mana masing-masing di tugaskan pada pekerjaan tertentu . Raqib mempunyai tugas menulis amal dan perkataan manusia yang mengandung kebaikan . Sedangkan 'Atid bertugas menulis amal dan perkataan manusia yang mengandung keburukan .
Malaikat itu bisa berganti rupa , tegasnya bisa berupa manusia . Nabi Muhammad s.a.w sering kedatangan Jibril membawa wahyu dengan rupanya seperti orang laki-laki muda dan tampan .


Malaikat itu Tuhan ciptakan tidak mempunyai ibu dan bapak . Tidak makan tidak minum , tidak tidur tidak lupa dan tidak merasa letih . Mereka bukan jenis laki-laki dan bukan jenis perempuan dan juga bukan banci . Mereka tidak mempunyai nafsu syahwat atau birahi namun demikian mereka taat akan perintah Allah , tidak berani melanggarnya atau melalaikan tugasnya . Seperti firman Allah didalam Al-Qur'an surat At-Tahrim ayat 6 sebagai berikut :

" Hai orang-orang beriman , peliharalah dirimu dan keluargamu akan api neraka , yang mana bara apinya terdiri dari manusia dan batu-batu . Di sana ada malaikat-malaikat yang kejam dan bengis , mereka tidak melawan
perintah Allah dan mereka kerjakan apa yang diperintah ."

Pernah Nabi kita Muhammad s.a.w ketika Mi'raj melintasi langit-langit dari langit pertama sampai langit ketujuh . Dimana Nabi Muhammad s.a.w yang ditemani malaikat Jibril , melihat bahwa kebanyakan penghuninya adalah para malaikat dan tak lain pekerjaan mereka itu , kata Nabi adalah bertahmid dan bertasbih kepada Allah SWT dengan macam-macam pujian dan sanjungan kepada Tuhan dengan irama lagu yang sangat merdu .
Demikian pula Nabi melihat di 'Arsy Allah , tidak lain penghuninya adalah malaikat . Kemudian 'Arsy Allah itu dipegang atau ditanggung oleh delapan orang malaikat .
Sebagaimana diterangkan dalam surah Al-Haaqqah ayat 17 :
" Dan malaikat berada di penjuru langit , dan yang membawa 'Arsy Tuhanmu pada hari itu adalah delapan orang malaikat ."

Dan malaikat-malaikat itu mempunyai kekuatan yang luar biasa , di mana ketika Tuhan akan menyiksa umat Nabi Luth a.s yang sudah melewati batas yaitu mereka sudah menjadi suka melakukan homosex sesama laki-laki , yaitu penduduk negeri Sadum dan Gamurah . Bukan seorang dua orang , hampir rata-rata semua laki-laki melakukan demikian . Maka tatkala diberi nasihat oleh Nabi Luth a.s mereka tidak ambil perduli .
Akhirnya Tuhan binasakan penduduknya dengan diangkat bumi negeri itu dengan kedua tangan malaikat ke udara yang sangat tinggi kemudian dibalikkan ke bawah , seperti orang membalikkan tetampah , maka berpelantingan rumah-rumah dan manusia yang sedang tidur melayang jatuh terhempas ke bawah , hancur lebur bagaikan kaca jatuh di batu . Demikian kekuatan tenaga malaikat .

Malaikat dan Tugasnya

1. Malaikat Jibril yang bertugas menyampaikan wahyu kepada tiap-tiap Rasul .
Kepada Nabi Adam a.s = 12 kali
Kepada Nabi Idris a.s = 4 kali
Kepada Nabi Ibrahim a.s = 40 kali
Kepada Nabi Ja'cub a.s = 4 kali
Kepada Nabi Musa a.s = 400 kali
Kepada Nabi Ayub = 3 kali
Kepada Nabi Muhammad s.a.w = 24.000 kali
Demikian dari kitab Nuruz-zhalam oleh Sayid Thahir , di kutip dari kitab Bahjatul wasa-il karangan Imam Addailami .

2. Malaikat Mikail yang bertugas mencatat pembagian rezki dan yang menurunkan hujan .

3. Malaikat Izrail yang bertugas untuk mencabut nyawa .
Sesungguhnya malaikat Izrail ini adalah kepala daripada sekalian malaikatul maut atau Raja malaikatul-maut .
Baiklah untuk ini kami cantumkan di sini bagaimana pengalaman dan pemandangan Nabi Muhammad s.a.w ketika beliau berada di Sidratul-Muntaha .
Sidratul-Muntaha ini berada di langit yang ketujuh . Sungguh begitu hebat , dan besarnya Sidratul-Muntaha . Karena dia dinamakan Sidratul-Muntaha karena tiada ada makhluk yang lebih besar daripada jenis pohon-pohonnya kecuali Sidratul-Muntaha .Pokoknya di langit yang ketujuh sedangkan ujung cabang yang paling atas berada di bawah Arsy . Dan di bawah Sidratul-Muntaha terletak Syurga , sebagaimana diterangkan dalam Surat An-Najmi ayat 15-16 :
" Di sisi Sidratul-Muntaha , di situlah Syurga Jannatul-Ma'wa ".

Maka ketika Nabi memandang ke atas ke sekeliling Sidratul-Muntaha dengan cabangnya yang besar-besar serta daunnya yang sangat lebar . Selembar daunnya saja dapat dijadikan selimut , daunnya hijau dan lemas bagai sutera .
Di atas tiap-tiap lembar daun duduk seorang malaikat , ada yang mengucap "Allahu Akbar-Allahu Akbar" , ada juga yang mengucap "Subhanallah-Subhanallah" , ada pula yang mengucap "Alhamdulillah-Alhamdulillah" , dan ada juga dengan kalimat zikir dan tasbih yang lain . Begitulah yang Nabi lihat di atas tiap-tiap lembar daun itu . Entah berapa juta lembar daunnya Sidratul-Muntaha itu , hanya Allah yang lebih mengetahui .

Kemudian apa lagi yang Nabi dapat lihat ?
Maka di bawah tiap- tiap lembar daun itu tertulis nama-nama orang . Nama orang itu siapa , bin apa , umur berapa , lama di dunia , kapan sampai waktu ajalnya , malam atau siang , dan dimana tempat dia akan mati akhir hayatnya .
Apabila orang yang mempunyai nama itu sudah dekat ajalnya maka warna daun berubah menjadi kuning . Dan di mana detik-detik orang itu akan sampai ajalnya , maka daun itu lepas dari tangkainya lalu malaikat yang duduk di atasnya membawa daun itu kepada Malaikat Izrail .
Kemudian Izrail menitahkan malaikat ini untuk mencabut nyawa orang itu sebagaimana yang tercantum namanya dalam daun itu tadi . Itulah pekerjaan malaikatul-maut , jadi buat tiap-tiap orang satu malaikatul-maut .
Andaikata misalnya , jika ada 1.000 lembar daun yang rontok di Sidratul-Muntaha maka 1.000 oranglah yang akan dicabut nyawanya , dan 1.000 malaikat sekaligus turun ke dunia yang ditugaskan untuk mencabut nyawa mereka itu .

4. Malaikat Israfil yang di tugaskan meniup terompet sangkakala di hari kiamat .
Menurut keterangan di dalam hadits , besar terompet Israfil itu memang luar biasa . Jika dibandingkan dengan besarnya bola dunia , jika dimasukkan ke dalam terompet Israfil akan masuklah ke dalamnya .
Konon kata Nabi s.a.w : Israfil kini sudah memegang terompet itu ditangannya . Sudah siap-siap menanti komando dari Allah untuk meniup terompet itu . Karena tugas malaikat Israfil untuk meniup terompet itu pada saat-saat kiamat 3 kali .
Pertama tiupan untuk membinasakan penduduk dunia hingga mati semuanya
Kedua meratakan dunia sehingga menjadi daratan seluruhnya
Ketiga membangkitkan manusia hidup kembali .
Itulah tugas malaikat Israfil .

5. Malaikat Ridwan tugasnya mengurus Syurga . Sudah barang tentu beribu-ribu pula malaikat mengurus Syurga , maka malaikat Ridwan sebagai kepala di Syurga .

6. Malaikat Malik yang bertugas mengurus Neraka .

7. Malaikat Raqib dan 'Atid .Kedua malaikat ini ditugaskan untuk mencatat amal atau perkataan manusia . Raqib mencatat amal perbuatan dan perkataan yang baik-baik . Sedangkan 'Atid mencatat perbuatan atau perkataan jahat . Maka dua malaikat ini buat tiap seorang .

8. Malaikat Munkar dan Nakir , dua malaikat ini ditugaskan untuk menanya atau memeriksa manusia di dalam kubur .

Demikianlah keterangan nama dan tugas malaikat pada bagian masing-masing . Jadi jika kita ibaratkan adalah seperti departemen dengan dengan tugas dan menterinya masing-masing .
 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Entri Populer

LIVE MAKKAH